Sabtu, 03 Januari 2015

MENGHADAPI UJIAN NASIONAL 2015

    Semua siswa kelas VI SD, kelas IX           SMP, dan kelas XII SMA harus siap-siap menghadapi ujian nasiaoanl karena ujian tersebut  tinggal 90 hari lagi. Waktu sembilan puluh hari identik dengan tiga bulan. Tentu saja waktu tersebut pendek  dan cepat sekali. Kita perlu membuat jadwal untuk persiapan tersebut. Guru harus merencanakan jadwal pemimbingan melalui PBM dan melalui  Bimbel. Tentu saja harus dilakukan secra intensif dan efektif.  Siswa harus mulai aktif lagi, baik secara mandiri mau seecara kelompok. Jika perlu mintalah bimbingan pada guru di luar jam pelajaran. Maksud minta bimbingan guru secara individu bisa dilakukan dengan cara bertanya di luar jam pelajaran jika mengalami kesulitan, baik mata pelajaran matematika, IPA, Bahasa Inggris,  Bahasa Indonesia, atau pelajaran yang lain. Intinya model bimbingan ini tidak harus  membayar.
       Ujian nasional yang menurut surat kabar akan dinamakan evaluasi  nasional tetapi nama tersebut belum ada kepastian. Menurut guru besar UGM pergantian nama tersebut  tidak ada artinya jika model dan sistem evaluasi nasional tetap seperti sebelumnya. Sumber lain mengatakan Ujian Nasional  2015 tidak digunakan sebagai penentu kelulusan tetapi digunakan sebagai pemetaan. Hal itu jelas berbeda degan Permendikbud no 144 tahun 2014 tentang kriteria kelulusan. Pada permendikbud tersebut dijelaskan bahwa kelulusan siswa diambil dari nilai sekolah 50 % dan 50 % dari Ujian nasional.
       Nilai sekolah yang akhirnya disebut NS diambil dari nilai semster 1, 2, 3, 4, dan 5 bagi SMP/MTs, dan semesster 1, 2, dan 3 bagi SMA/MA ditambah dengan nilai ujian sekolah, baik ujian praktik maupun ujian tulis. Bobot dari NS menurut permendikbud tersebut adalah 70 % dari nilai semester 1,2,3,4, dan 5 bagi SMP/MTs dan semester 1,2,3 bagi SMA/MA, sedangkan nilai ujian sekolah hanya 30 %.
      Hasil ujian nasional digunaan pemetaan atau digunakan pelulusan harus disikapi dengan wajar, tidak berlebih-lebihan. Intinya semua harus siap (guru dan siswa). Orang yang siap pasti bisa menghadapi segala sesuatu degan hasil yang memuaskan. Selamat belajar, selamat membimbiig siswa degan penuh semangat, demgan sepenuh hati.....semoga Allah memberi berkah terhadap kita semua.
      

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda