Senin, 19 Januari 2015

TIGA EKSTRA BARU DI SMP NEGERI 3 NGIMBANG

      Kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 3 Ngimbang di antaranya adalah karate, qiro'ah dan PLH Ketiga ekstra tersebut mulai ada semenjak SMP Negeri 3 Ngimbang dipimpin oleh Bapak Sujak S.Pd., M.Pd. Ketiga ekstra tersebut mempunyai  tujuan untuk membangun karakter siswa yang kuat karena kepala sekolah ini mencanangkan sekolah yang bervisi "SEKOLAH BERPRESTASI BERPENGETAHUAN, BERKETERAMPILAN BERDASARKAN AKHLAK MULIA DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN" dengan dibungkus MAB SCHOOL yakni sekolah Mandiri, Adiwiyata, dan Berkarakter.
     Dalam perjalanannya, qiro'ah yang bertujuan menciptakan siswa yang bisa membantu orang yang mempunyai keperluan/acara ernikahan, dll. dengan cara menyumbangkan qiro'ahnya di acara itu, ternyata mengalami kendala  karena peminatnya kecil/sedikit sekali. Hal ini membuat tim pembina dari luar sekolah merasa keberatan. Selain itu, modal anak yang sudah lancar membaca Al-Quran ternyata hampir tidak ada, akhirnya ekstra ini difokuskan untuk baca-tulis Al-Quran.
      Adapun ekstra karate, yang pertama kali dibimbing/dibina oleh DANRAMIL Ngimbang sampai beliau pindah tugas ke kabupaten lain dan diteruskan oleh Mas Arif dari Lamongan. Ekstra ini, peminatnya stabil mulai pertama sampai dengan hari ini yakni 35-15 anak. Adanya ekstra ini membuat anak-anak disiplin, patuh, bertanggung jawab, dan mandiri. Mereka sering mengikiti pertandingan di kabupaten lain. Tahun 2014 salah satu anak SMP Negeri 3 Ngimang menjadi juara kedua karate di Kabupaten Tuban. Tahun 2015, tepatnya tanggal 18 Januari, siswa SMP Negeri 3 Ngimbang sedang mengikuti kejuaraan tingkat Kabuapten Lamongan, yakni Piala Bupati Lamongan. SMP Negeri 3 Ngimbang mengirimkan 14 anak, yang mendapat juara  di antaranya adalah  juara I sebanyak 6 siswa dan juara II juga enam siswa dan juara III sebanyak dua anak. Nama anak-anak tersebut adalah:
1. Juara I perorangan 45 kg : Riza Amir S.
2. Juara I :50 kg: Exky Nanang Yustianto
3. Juara I : putri: Ruly Joan Farwati
4. Juara I : putri 40 kg,  : Firda Aulia
5. Juara I : 50 kg: Alya Shofiana Pohan
6. Juara I : 50+ kg: Ruli Joan Fatmawati
7. Juara II putra : Riza Amir Suryadi
8. Juara II 40 kg : Roni Sianturi
9. Juara II 45 Kg : Adi Mas Bagus Putromo
10. Juara II 50 kg: Ziky Ahmed Dwi Cahyo
11. Juara II  putri : Siti Nasikatus Sairiyah
12. Juara III  50+ : Novanto Azizul Hakim
13. Juara III 40 kg : Prihatin Ardiyanti
14. Juara II 40 kg : Siti Nasikatus Sairiyah
Berdasarkan data tersebut ada dua anak yang mendapatkan dua kejuaraan, yakni Riza Amir Suryadi dan Siti Nasikatus Sairiyah.
     Ekstra Pendidikan Lingkungan Hidup, ekstra ini bertujuan untuk menciptakan sekolah ini menjadi nyaman, aman, bersih dan menyenangkan.Dalam ekstra ini siswa diajari pemelihara tanaman, kebersihan, pemilahan sampah, pengolahan sampah, pemanfaatan tanah. dsb. Hasil dari ekstra ini membawa SMP Negeri 3 Ngimbang menjadi juara pertama Green School se kabupaten Lamongan. Tentu saja menangnya greesn school tersebut tidak hanya dari ekstra PLH, tetapi dari pelajaran PLH, kepedulian guru, TU, dan Komite Sekolah.
      Dengan hadirnya tiga ekstra baru tersebut, Alhamdulillah SMP Negeri 3 Ngimbang mengukir sejarahnya sebagai juara I karate, dan juara I  green school.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda