Sabtu, 04 Mei 2013

PENJELASAN TENTANG KURIKULUM 2013

Syahrul Munir Sabtu, 4 Mei 2013 | 21:06 PM Photo: Kompas.com/SABRINA ASRIL UNGARAN, KOMPAS.com -

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhammad Nuh membuka rahasia dibalik penerapan Kurikulum 2013, dihadapan para Ulama dan pelaku pendidikan di Kabupaten Semarang pada saat memberikan sambutan peresmian SMK Kesehatan Darussalam, Sabtu (4/5) siang di desa Gebugan, kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang. Menurut Nuh, pendidikan pada hakikatnya bertujuan untuk menghilangkan tiga penyakit masyarakat. "Satu saja yang di ingat bahwa tujuan pendidikan adalah untuk mengilangkan kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan peradaban," kata Nuh. Sedangkan konsep kurikulum 2013 diakui Nuh terbesit pada saat dirinya tengah menunaikan ibadah Umroh tahun 2006 lalu. Konsep itu adalah Tazkiyah (attitude), Tilawah (pengetahuan) dan Ta'alim (keterampilan). "Saya buka rahasia konsep Kurikulum 2013 ini. Pada kesempatan saya menunaikan umroh tahun 2006. Dalam perjalanan ke Madinah saya menyempatkan mengaji. Pada saat itu saya menemukan surat yang menerangkan tentang tilawah, tazkiyah dan ta'alim ini, saya baca berulang-ulang surat ini. Saya pikir inilah yang saya cari-cari selama ini," jelas Nuh. Dengan konsep atau kurikulum 2013 ini diharapkan dapat mengatasi ketiga penyakit masyarakat tesebut. Penerapan kurikulum 2013 ini, lanjut Nuh akan dilaksanakan secara bertahap dan terbatas. Pihaknya menyadari banyak pihak yang menentang penerapan kurikulum 2013 ini. "Sikap kita sudah jelas. Yaa Bunaya irham ma'ana, wala takunu ma'al kafiriin. Maka janganlah ikuti jalan orang-orang yang menentang," pungkas Nuh. Editor: Bambang Priyo Jatmiko Mail to Friend Lihat Komentar (15) | Tulis Komentar Berita Terkait Mendikbud Sempat Ogah Nonton TV dan Baca Koran Jarak Idealisme Kurikulum dan Realitas Pendidikan Minus Kebudayaan KANAL & RUBRIK KOMUNITAS KOMPASIANA KOMPAS FORUM URBANESIA.COM HARIAN KOMPAS (CETAK) Top| Index | Full Site| Android Apps| Login ©2008 - 2013 KOMPAS.com - All rights reserved

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda